Kegunaan Adanya Website

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Adanya teknologi internet sangat mendukung segala bentuk kegiatan, termasuk suatu bisnis dan perusahaan. Memiliki website bisa memberikan banyak manfaat serta keuntungan bagi sebuah bisnis dan perusahaan. Saat ini, semua sudah serba digital dan terkoneksi dengan internet. Jika tidak segera beradaptasi, bisa-bisa perusahaan diabaikan oleh konsumen atau klien, karena mereka telah menemukan produk atau jasa yang lebih mudah dan cepat dijangkau, bahkan informasinya lebih jelas, lengkap dan akurat.

Fungsi atau makna dari dibuatnya sebuah website ini sangat beragam, mulai dari untuk media promosi, media pemasaran, media informasi, media pendidikan serta sebagai media komunikasi. Untuk perkembangan website di Indonesia sendiri, begitu meluas dan tumpah ruah seakan-akan mirip pasar. Mengapa bisa? Setiap kita terhubung ke dalam jaringan luas di dalam internet, pasti kita akan menemukan apa yang disebut dengan website itu sendiri.
Website itu sendiri identik dengan halaman di internet yang menampilkan informasi yang memang betul-betul dibutuhkan oleh para pengunjung atau bisa juga disebut para pembaca. Jadi, apabila diibaratkan, website itu bisa berupa sebuah wadah yang menyajikan beragam ilmu-ilmu yang hanyalah tinggal kita ambil (akses) dan mulai kita baca.
  1. Media Informasi

    Memiliki sebuah website tentu harus ada yang namanya artikel atau konten. Nah konten tersebutlah yang berisikan mengenai informasi yang memang kita perlukan dan kita butuhkan. Sebenarnya, untuk mendapatkan informasi, kita tidak hanya dengan membaca buku saja, dengan tergabung di dalam jaringan internet, kita bisa menambah informasi yang lebih luas bahkan yang tidak kita ketahui sekalipun sebelumnya.
    Dalam hal ini, website memiliki peran yang sangat penting sebagai wadah penyedia informasi ketimbang sosial media atau aplikasi chatting lain yang hanya kemungkinan besar berguna untuk saling berinteraksi saja.
  2. Media Komunikasi

    Media komunikasi yang tersedia di dalam suatu website itu beragam, bukan hanya seperti chatting komentar, balasan saja, akan tetapi, ilmu yang disampaikan, artikel yang disajikan oleh pemilik website kepada kita sebagai pembaca juga merupakan salah satu bentuk komunikasi walau secara tidak langsung.

  3. Media Pemasaran

    Website itu sendiri juga sebenarnya bisa digunakan sebagai salah satu media pemasaran. Media pemasaran di sini berarti yaitu memasarkan secara online, beda dengan memasarkan di dalam dunia nyata, begitu sangat-sangat beda. Jika kalian memiliki barang atau produk dan bingung untuk memasarkannya, pasarkanlah di Website-website pasar online yang memang sudah sangat terkemuka, dan tidak dipungut biaya sepeserpun untuk memasarkannya.
    Dan tampaknya memasarkan barang di Internet itu lebih afdol, mengapa tidak? Kita bisa menaruh deskripsi secara lengkap di bawah produk yang memang itu pasti benar-benar dibaca oleh pengunjung, ketimbang kita menaruh bacaan di produk yang kita jual di dunia nyata, kemungkinan besar deskripsi tersebut tidak akan dibaca, karena daya tarik membaca di dunia nyata untuk orang Indonesia itu sangatlah kurang.
  4. Media Promosi

    Terlebih website yang berguna untuk media promosi itu sangatlah banyak. Mungkin tidak hanya website, sosial media pun, eits bukan! Aplikasi chatting pun bahkan dijadikan sebagai media promosi, kira-kira itulah, ya entah kurangnya wadah atau kurangnya ide untuk mempromosikannya. Media promosi melalui website bisa dibilang sangat-sangat efektif karena jika kita tampilkan 1 buah promosi, maka promosi kita itu bisa dilihat orang-orang di seluruh penjuru dunia. Daripada kita mempromosikannya secara susah-payah dan manual di dunia nyata. Lelah dapat, konsumen belum tentu dapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *